Mengenal Dekat Layanan E-Konseling IAIN Kendari

Mengenal Dekat Layanan E-Konseling IAIN Kendari

Oleh : Khairunnisa Syamsu, M.Pd.

Assalamu Alaikum…selamat datang di website e-konseling IAIN Kendari. E-konseling adalah platform layanan konseling online yang dikembangkan oleh IAIN Kendari. Website ini memungkinkan kalian untuk menerima dukungan psikologis, emosional, atau mental melalui internet. Ini adalah bentuk konseling yang menggunakan teknologi digital, seperti aplikasi konseling, panggilan video, atau pesan teks untuk menyediakan sesi konseling jarak jauh. Layanan e-konseling memungkinkan kalian untuk mengakses dukungan mental tanpa harus bertemu langsung dengan konselor. Namun, jika diperlukan kalian bisa mendapatkan layanan konseling secara offline. 

Layanan konseling adalah bantuan dan dukungan yang diberikan oleh seorang profesional konselor kepada individu, kelompok yang mengalami masalah emosional, sosial, mental, atau psikologis. Khususnya bagi mahasiswa, e konseling hadir membantu memberikan bantuan terkait masalah pribadi, sosial, karir dan akademik kalian. Layanan konseling dilakukan secara rahasia dan dapat diakses melalui sesi tatap muka, panggilan telepon, atau melalui platform daring. Konseling membantu individu untuk meningkatkan pemahaman tentang diri mereka sendiri, menemukan solusi atas masalah yang dihadapi, dan membangun keterampilan untuk mengatasi tantangan kehidupan dengan lebih baik.

Jadi, e-konseling hadir untuk membantu mahasiswa untuk mengiringi proses perkembangaanya melewati masa-masa perguruan tinggi sehingga terhindar dari kesulitan, dapat mengatasi kesulitan, membuat penyesuaian yang baik dan membuat arah diri sampai mencapai perkembangan optimal. E-konseling merupakan Biro/Pusat Layanan konseling Kampus yang melayani semua warga kampus IAIN Kendari.

E konseling hadir memberikan beberapa layanan Layanan informasi dan Psikoedukasi,  Assesment Bakat dan Minat, Alat Ungkap Masalah (AUM), Bimbingan dan Konseling Kelompok, Konseling Individual baik secara daring dan luring. Untuk menggunakan layanan di website ini, kalian bisa atas inisiatif sendiri, atas permintaan Dosen Penasehat Akademik (PA) ataupun atas permintaan Ketua Program Studi/Fakultas. Layanan konseling ini ditangani oleh dosen-dosen IAIN Kendari yang yang berlatar belakang bimbingan konseling dan psikologi. Selain itu juga menyediakan layanan konseling sebaya, yang merupakan layanan konseling yang disediakan dan dijalankan oleh mahasiswa IAIN Kendari yang sudah diberikan pelatihan teknik-teknik konseling. 

Proses konseling dimulai dengan klien melakukan pendaftaran di platform e-konseling IAIN Kendari. Sesi konseling online dilakukan melalui panggilan video atau pesan teks, meskipun ada juga opsi panggilan suara atau chat. Selamat menikmati manfaat dari layanan e-konseling IAIN Kendari ya !